News Update :

Monday, October 21, 2013

Dapodikdas 2013: Kode Registrasi Tidak Ditemukan, Silahkan Cek Kembali



Aplikasi Pendataan Untuk tahun 2013 ini dikenal dengan nama dapodikdas 2013. Suatu aplikasi yang memiliki interfaces berbeda dari versi sebelumnya, yaitu menggunakan interfaces website, artinya aplikasi dapodikdas 2013 ini terintergrasi dengan browser, dengan menggunakan fungsi localhost.

Saya yakin, setiap sekolah saat ini sudah mendapatkan kode regitrasi sekolah masing-masing, ataukah saat ini sudah banyak operator sekolah yang sudah mulai mengisi data ptk dll di aplikasi dapodikdas.

Kali ini saya sebagai operator ingin berbagi kepada sesama operator yang kemungkinan mengalami hal serupa seperti saya saat pertama registrasi sekolah, yaitu adanya kesalahan saat memasukkan kode registrasi yang diberikan oleh diknas setempat. Sebenarnya ada dua kemungkinan jika kode registrasi salah sewaktu ingin melakukan proses registrasi sekolah pada aplikasi dapodikdas. Yang pertama memang sudah salah dari diknas dan yang kedua kode tersebut sudah benar hanya langkah yang kita lakukan yang salah.

Sehingga pada postingan kali ini saya akan berbagi cara untuk para operator sekolah di indonesia, terkait masalah "Kode Registrasi Tidak Ditemukan, Silahkan Cek Kembali" pada saat melakukan registrasi sekolah.

Langkah pertama anda harus cek apakah memang benar kode registrasi sekolah anda sudah ada dalam database server dapodikdas. Caranya kunjungi laman http://118.98.166.59/laman/prefill , akan muncul kotak isian seperti di awal postingan ini

Masukkan kode registrasi sekolah yang ada dapat dari diknas, kemudian mengunduhnya, jika file unduhan ada, itu artinya kode registrasi sekolah yang anda dapatkan sudah benar. Sekarang bisa ke tahap untuk proses instalasi dan registrasi sekolah. Data prefill sekolah jangan lupa disimpan, karena akan digunakan saat proses instalasi dan registrasi.

Jika sebelumnya anda sudah pernah menginstall aplikasi Dapodikdas dan gagal melakukan registrasi, dalam hal ini "Kode Registrasi Tidak Ditemukan, Silahkan Cek Kembali", maka anda harus melakukan penghapusan dalam hal ini meng-uninstall aplikasi dapodikdas. Jika sudah, lanjut ke langkah penginstalan dapodikdas yang benar dibawah ini.

1. Lakukan download prefill sekolah dengan mengunjungi laman http://118.98.166.59/laman/prefill. bagi yang sudah ada filenya, langkah ini bisa dilewati.
2. Buat folder baru di drive C (pada umumnya), drive yang nantinya akan digunakan sebagai tempat instalasi dapodikdas. Folder barunya diberi nama prefill_dapodik.
3. Salin file prefill sekolah yang sudah didownload sebelumnya ke folder prefill_dapodik.
4. Lakukan penginstallan dapodikdas, dengan mengklik 2x masternya, yang belum ada, silahkan download di laman http://sourceforge.net/projects/dapodikdas/files/dapodikdas-202.exe/download
5. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
6. Jalankan dapodikdas, lakukan proses registrasi, jreeeennngggg berhasil, kali ini tidak akan ada lagi pesan "Kode Registrasi Tidak Ditemukan, Silahkan Cek Kembali",
7. Login menggunakan user dan password yang dimasukkan saat registrasi.
8. Lengkapi data-data sekolah, ptk, pd, dll.

Bagi yang meng-operator-i lebih dari sekolah, maka yang perlu dilakukan sebelumnya instalasi adalah mendownload semua prefill sekolah, dan menyalinnya ke dalam folder prefill_dapodik, baru melakukan instalasi, registrasi masing-masing sekolah, yang perlu diperhatikan adalah username dalam hal ini adalah email yang dimasukkan harus beda di masing-masing sekolah.


0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Education - Kekerr.Com 2012 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.