News Update :

Friday, February 15, 2013

INTERAKSI MAHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM


Ekosistem adalah suatu tempat yang di dalamnya terjadi hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem dibentuk oleh satuan-satuan makhluk hidup dan makhluk tidak hidup. satuan -satuan makhluk hidup penyusun ekosistem sebagai berikut. 
  •  Individu adalah organisme yang hidup berdiri sendiri yang secara fisiologi bersifat bebas atau sebutan untuk mahkluk hidup tunggal. contohnya        seekor unta.
  • populasi adalah sekolompok organisme sejenis yang tinggal di habitat tertentu dan pada saat tertentu. Contohnya sekolompok zebra di padang rumput 
  • komunitas adalah kelompok organisme yang hidup dan saling berinteraksi dalam suatu habitat tertentu. Contoh berbagai jenis makhluk hidup yang terdapat di halaman sekolah.
    Ekosistem terdiri atas komponen biotik dan abiotik. komponen biotik meliputi produsen [organisme autotrof ] ,konsumen [ organisme heterotrof] , dan pengurai yang saling berinteraksi. Interaksi mahkluk hidup terutama dalam hubungan makan yang dikenal dengan rantai makanan. Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan dengan urutan dan arah tertuntu. Rantai makanan dimulai dari produsen yang dimakan oleh konsumen. Selanjutnya, konsumen I dimakan oleh konsumen II dan seterusnya. Konsumen terakhir dalam rantai makan disebut komsumen puncak. Akhirnya konsumen puncak dirombak oleh pengurai. Dalam preses makan dan dimakan berlangsun juga aliran energi sesuai dengan urutan dalam rantai makanan akan saling berhubungan membentuk jaring-jaring makanan.
    Interaksi antarmahkluk hidup tidak hanya berupa hubungan makan dan di makan (predasi.Namun interaksi tersebut juga dapat terjadi melalui melalui hubungan simbiosis dan kompetisi.simbiosis adalah hidup bersama antara dua mahluk hidup yang berbeda. simbiosis di bagi menjadi ,simbiosis komensalisme, dan mutualisme. kompetisi adalah persaingan antara dua mahluk hidup atau lebih yang membutuhkan bahan yang sama dari lingkungannya.
    Ekosistem merupakan kesatuan antar komponen biotik dan komponen abiotik. Apabila terjadi perubahan dalam salah satu komponen,keseimbangan ekosistem akan terganggu. berkurangnya salah satu komponen botik dapat menyebabkan berkurangnya populasi pemangsanya dan menikmatnya populasi yang di mangsa oleh komponen biotik tersebut

MULIANA ASTUTY

IX B

010044

*:-* cium



0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright Education - Kekerr.Com 2012 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.