News Update :

Tuesday, January 8, 2013

Nasib Guru TIK Untuk Kurikulum 2013


Bukan lagi wacana yaitu Mapel TIK pada kurikulum 2013 akan dihapus, karena sudah pasti. Selagi keputusan menteri pendidikan tidak diubah sesuai tabel yang berhasil saya ambil melalui situs resmi kemdiknas dibawah ini.


Itulah diatas gambar kurikulum 2006 yang sedang diterapkan sekarang ini dan kurikulum 2013 yang akan dimulai pada tahun ajaran baru 2013/2014 Juli 2013 mendatang.

Dari gambar diatas sudah jelas bahwa mapel TIK sudah dihapus untuk kurikulum 2013. Lantas bagaimana nasib Guru TIK ??? Guru yang sertifikasi TIK?? Bagaimana juga PT yang baru menyelenggarakan prodi khusus guru TIK sepertihalnya di FT-UNM Makassar??? Bagaimana pula nasib mahasiswa-mahasiswa yang tengah berjuang di prodi TIK meraih gelar S.Pd.??

Alasan penghapusan mapel TIK yaitu kalau TIK itu sudah menjadi bagian dari semua bidang yang harus sudah diketahui oleh setiap siswa. Saya sendiri sebagai Guru TIK tidak 100% membenarkan alasan ini, TIK bukan merupakan praktek saja, tetapi memiliki teori yang mutlak diketahui. Menurut saya, bahkan TIK saat ini masih dan sangat dibutuhkan oleh siswa SMP mengingat semua hal sekarang ini sudah serba mencakup teknologi, jadi sangat perlu mengajarkan hal-hal yang berbau teknologi kepada siswa-siswa khususnya siswa SMP,, agar nantinya mereka berlanjut ke jenjang yang lebih tinggi tidak Gaptek lagi.

Dilain sisi, saat ini dunia pendidikan khususnya menuntut adanya pengiriman data langsung dari sekolah ke pusat nah itu semua TIK lah yang berperan. Ujian Guru Bersertifikat juga semuanya menggunakan TIK, pasti sudah tahu semua tingkat keberhasilan ujian sertifikasi sangat minim, yahh karena jaman guru yang bersertifikat itu belum belajar TIK. Sehingga untuk memperbaiki hal tersebut maka dipandang perlu Peserta Didik sekarang ini diajarkan mapel TIK.

Sebenarnya masih banyak hal yang menjadi alasan terhadap penghapusan TIK yang tidak seharusnya dilakukan. Karena telah merugikan banyak Pihak. Nah kalaupun pemerintah dalam hal ini menteri pendidikan masih tetap pada penghapusan Mapel TIK, yahhh kini saatnya pindah jurusan, ikhlaskan saja, mungkin berganti profesi jadi Guru Matematika, Fisika, dll. Ataukah bisa menjadi kepala Laboratorium Komputer untuk melayani siswa-siswa yang melakukan praktek meskipun praktek tidak berhubungan TIK, dan pastinya kita akan kewalahan untuk mengajari tiap-tiap siswa, diajarkan saja TIK masih dipandu prakteknya, apalagi sudah langsung praktek tanpa pengetahuan TIK secara langsung. Hmmmm payah deh jadi Guru TIK.





2 comments:

de_mar said...

wah2. . mmg dasar nasib kita gan.
ok, ttep jga smangat n kreatifitas j gan!!

Yuga Firdauzi said...

tunggu perubahan selanjutnya.... bisa atau tidak TIK mengganti Prakarya

Post a Comment

 
© Copyright Education - Kekerr.Com 2012 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.